Halaman

Kamis, 07 Maret 2013

Berbuat Baiklah Kepada Seluruh Makhluk

Berikut ini adalah sebuah hadis mengenai keutamaan berbuat baik kepada semua makhluk.
      
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallâhu 'alaihi wa sallam bersabda,
بَيْنَمَا رَجُلٌ يَمْشِي بِطَرِيقٍ، اشْتَدَّ عَلَيْهِ العَطَشُ، فَوَجَدَ بِئْرًا فَنَزَلَ فِيهَا، فَشَرِبَ ثُمَّ خَرَجَ، فَإِذَا كَلْبٌ يَلْهَثُ، يَأْكُلُ الثَّرَى مِنَ العَطَشِ، فَقَالَ الرَّجُلُ: لَقَدْ بَلَغَ هَذَا الكَلْبَ مِنَ العَطَشِ مِثْلُ الَّذِي كَانَ بَلَغَ بِي، فَنَزَلَ البِئْرَ فَمَلَأَ خُفَّهُ ثُمَّ أَمْسَكَهُ بِفِيهِ، فَسَقَى الكَلْبَ فَشَكَرَ اللَّهُ لَهُ فَغَفَرَ لَهُ " قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَإِنَّ لَنَا فِي البَهَائِمِ أَجْرًا؟ فَقَالَ: «نَعَمْ، فِي كُلِّ ذَاتِ كَبِدٍ رَطْبَةٍ أَجْرٌ»
"Ketika tengah berjalan di suatu jalan, seorang laki-laki mengalami kehausan yang sangat. Kemudian dia mendapati sebuah sumur lalu Dia turun ke (sumur itu) dan meminum lalu keluar (darinya). Ternyata ada seekor anjing yang menjulurkan lidahnya menjilat-jilat tanah lantaran kehausan. Orang itu berkata, 'Sungguh anjing ini telah tertimpa dahaga seperti yang telah menimpaku.' Ia turun (lagi) ke sumur untuk memenuhi sepatu kulitnya (dengan air) kemudian memegang sepatu itu dengan mulutnya lalu memberi minum untuk anjing tersebut. Maka Allah mensyukuri perbuatannya dan memberikan ampunan kepadanya." (Para shahabat) bertanya, "Wahai Rasullulah, apakah kita mendapat pahala (bila berbuat baik) pada binatang?" Beliau bersabda, "(Berbuat baik) kepada setiap makhluk hidup yang memiliki hati terdapat pahala." [Diriwayatkan oleh Al-Bukhary dan Muslim]

Sumber: Broadcast Ustadz Dzulqarnain

Mari kita mulai dari saat ini, mulai dari diri sendiri mengamalkan ajaran Islam ini, dimana perbuatan baik bagi seluruh makhluk hidup yang memiliki hati dapat berpahala dan bahkan mengampuni dosa. Semoga, keluarga kita, lingkungan kita, kota kita, provinsi kita, bangsa kita, akan menjadi lebih baik.
Salam Sakinah,

www.asmarasakinah.com
follow our twitter: @AsmaraSakinah
like our fun page fb: Asmara Sakinah
call/sms:085641387672
PIN: 324F2B82

Tidak ada komentar:

Posting Komentar