Halaman

Senin, 11 Maret 2013

Menghargai (Istri) Pasangan Hidup Kita dalam Rangka Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Dalam kehidypan berumah tangga sangat dimungkinkan menemui sesuatu ketidaksukaan akan suatu akhlaq dari pasangan hidup kita, baik suami maupun istri. Ketidaksukaan-ketidaksukaan tersebut manakala dibiarkan saja bertaut dalam perasaan selama bertahun-tahun kehidupan akan menjadi bara dalam sekam yang kemungkinan dapat merusak kehidupan rumah tangga kita nau'udzubillahi min dzalik.

Lalu bagaimana cara kita ketika timbul perasaan tidak suka atau tidak cocok akan suatu akahlaq pasangan kita? Apabila jawaban ini ditanyakan pada psikolog atau konselor pernikahan maka akan banyak sekali metode dan jawaban yang beraneka ragam yang mungkin mencocoki seseorang dan tidak untuk yang lainnya. Namun sungguh indah syariat Islam yang telah mengajarkan bagaimana cara menghadapi hal demikian. Berikut ini sebuah  hadis yang mengajarkan pada kita manakala kita mendapati sesuatu yang tidak kita sukai pada pasangan kita:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
لَا يَفْرَكْ مُؤْمِنٌ مُؤْمِنَةً، إِنْ كَرِهَ مِنْهَا خُلُقًا رَضِيَ مِنْهَا آخَرَ
"Janganlah seorang mukmin membenci kepada seorang mukminah (istrinya). Jika ia membenci  sebuah akhlak dari (istrinya), dia akan ridha darinya pada hal yang lain." [Diriwayatkan oleh Muslim]

Dari hadis tersebut jelaslah bahwa manakala ada sebuah akhlaq yang tidak kita sukai dari istri kita (bagi para suami, dan sebaliknya manakala ada sebuah akhlaq yang tidak disukai dari suami bagi para istri) maka disunnahkan untuk mengingat akhlaq lain yang disukai dari pasangan kita, karena banyak kebaikan-kebaikan lain yang bisa menutupi keburukan. Dengan melakukan demikian maka akan menghindarkan diri kita dari timbulnya kebencian terhadap pasangan karena selalu berusaha mengingat kebaikan dikala ada sesuatu yang tidak disuka, bukannya justru mengingat-ingat keburukan/ketidaksukaan yang lainnya.

Semoga sebuah sunnah Rasulullah ini dapat selalu kita terapkan dalam kehidupan berumah tangga kita masing-masing sehingga suami lebih menghargai dan mensyukuri istri dan istripun lebih menghargai dan mensyukuri suaminya.

Wallahu'alam

Sumber Hadis: Broadcast Message Ustadz Dzulqarnain M Sunusi


Salam Sakinah,

www.asmarasakinah.com
follow our twitter: @AsmaraSakinah
like our fun page fb: Asmara Sakinah
call/sms:085641387672
PIN: 324F2B82

Tidak ada komentar:

Posting Komentar