Halaman

Jumat, 01 Maret 2013

Tindakan Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam Menutup Setiap Jalan Menuju Kesyirikan

 
وَقَوْلِ الله تَعَالَى: لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ
Firman Allah Ta'âlâ, "Sesungguhnya telah datang seorang rasul kepada kalian dari kaum kalian sendiri. Terasa berat olehnya penderitaan kalian, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) kalian, amat belas kasihan lagi penyayang kepada orang-orang mukmin." [At-Taubah: 128]
 
Allah Ta'âlâ mengabarkan kepada hamba-hambanya, dengan jalan mengingatkan anugerah yang telah diberikan-Nya, bahwa Diri-Nya telah mengutus kepada mereka seorang rasul yang agung dari kalangan mereka sendiri dan berbicara dengan bahasa mereka. Rasul itu sangat berat dengan apa-apa yang memberatkan mereka, merasa menderita dengan penderitaan mereka, sangat semangat untuk memberi hidayah dan manfaat kepada mereka, sangat kasih sayang dan lemah lembut terhadap orang-orang yang beriman dari kalangan mereka.
Bahwasanya sifat-sifat Nabi shallallâhu 'alaihi wa sallam yang disebutkan dalam ayat tersebut membawa konsekuensi bahwa beliau pasti memperingatkan dan menjauhkan umatnya dari kesyirikan yang merupakan dosa terbesar, karena inilah yang merupakan tujuan terbesar dalam risalah yang diembannya.

Faedah Ayat
1.         Bahwa Rasul shallallâhu 'alaihi wa sallam telah memperingatkan dan menjauhkan umatnya dari kesyirikan serta menutup semua jalan yang mengantarkan kepada kesyirikan.
2.         Mengingatkan atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya berupa diutusnya Rasul yang mulia ini kepada mereka, dan keadaan Rasul tersebut yang berasal dari kalangan mereka sendiri.
3.         Pujian terhadap nasab Rasul shallallâhu 'alaihi wa sallam. Beliau berasal dari bangsa Arab yang murni, dari kalangan Arab yang paling mulia keluarga dan nasabnya.
4.         Menjelaskan kasih sayang dan kelembutan Nabi shallallâhu 'alaihi wa sallam terhadap orang-orang yang beriman.
5.         Dalam ayat ini juga terdapat dalil tentang sikap keras dan ketegasan beliau shallallâhu 'alaihi wa sallam  terhadap orang-orang kafir dan munafik.

Sumber: broadcast bbm Ust.Dzuqarnain (2) Pin bb 2: 20C4D47A

Salam Sakinah,

www.asmarasakinah.com
follow our twitter: @AsmaraSakinah
like our fun page fb: Asmara Sakinah
call/sms:085641387672
PIN: 324F2B82

Tidak ada komentar:

Posting Komentar